martinho vas

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz. (Foto : Jose/Diskominfo)

depok.go.id – Untuk melindungi merek produk Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Depok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) memfasilitasi pengurusan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kepada 10 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Fasilitas tersebut merupakan program rutin Disdagin yang dilakukan setiap tahun.

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz mengatakan, pengurusan hak paten penting untuk IKM yang usahanya membutuhkan penggunaan merek terutama untuk penggunaan jangka panjang. Dengan terdaftarnya merek, ia meyakini akan memudahkan IKM dalam memasarkan produk atau jasa.

“Dengan merek yang telah terdaftar memberikan jaminan tidak hanya kepada pelaku usaha, tetapi juga konsumen. Masa berlaku hak paten untuk satu merek yaitu selama 10 tahun, nanti setelah masa berlakunya selesai dapat diperpanjang,” tutur Martin kepada depok.go.id, Rabu (27/12/17).

Ia menambahkan, pihaknya hanya memfasilitasi industri kecil dan menengah. Adapun jenis usaha yang difasilitasi sebagian besar terdiri dari fashion, craft, dan kuliner.

“Yang pasti pelaku usaha yang kita fasilitasi ini adalah yang memiliki produk sendiri dan mereknya belum digunakan oleh pihak lain,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada para pelaku usaha yang belum mendaftarkan mereknya agar segera mengurus.  Sebab,  dengan mengurus hak paten dapat melindungi merek dagangnya dari klaim sepihak yang dilakukan oleh pihak tertentu.

“Pengurusan HAKI sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan mengambil formulir pendaftaran yang disediakan, kemudian melengkapi persayaratannya lainnya seperti fotokopi KTP dan logo produk yang dicetak dalam ukuran besar. Kalau persyaratanya sudah lengkap bisa langsung mendaftarkan produk usahanya ke Kementerian Hukum dan HAM RI, sebagai HAKI,” tandasnya.

Penulis : Jose

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :