Pelantikan Pengurus PKTP Kecamatan 7

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Depok, Elly Farida memberikan pengarahan usai melantik PKTP kecamatan se-Kota Depok periode 2017-2021 di aula lantai 1 Balai Kota Depok, Rabu (27/12/2017). (Foto : Asyril/Diskominfo)

depok.go.id – Kanker hingga kini masih menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Sebagai bentuk perhatian serius pada penderita kanker, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengaktifkan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) di 11 kecamatan se-Kota Depok.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Depok, Elly Farida mengatakan, PKTP yang ada di tiap kecamatan dibuat guna meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan dalam penanggulangan kanker di Depok. Selain itu, terbentuknya PKTP sebagai salah satu upaya dalam menurunkan angka kematian dari penyakit kanker.

“Kami juga menginginkan melalui kader PKTP ini, meningkatkan kualitas hidup penderita kanker,” jelas Elly Farida, usai melantik PKTP kecamatan se-Kota Depok periode 2017-2021 di aula lantai 1 Balai Kota Depok, Rabu (27/12/2017).

Dirinya mengatakan YKI merupakan organisasi sosial nirlaba yang bergerak di bidang kesehatan yang terkait dengan kanker. Selain itu, YKI Cabang Kota Depok merupakan cabang dari YKI Pusat, sedangkan PKTP merupakan kepanjangan tangan dari YKI Kota Depok.

“Kami melakukan tindakan preventif, meliputi kegiatan penyuluhan dan pelayanan deteksi dini yang didukung dengan kegiatan penelitian. Sedangkan kegiatan kuratif meliputi pelayanan suportif, termasuk pelayanan paliatif bersifat untuk meringankan sakit. Serta rehabilitasi, meliputi peningkatan kualitas hidup bagi penderita kanker,” ujarnya.

Dia pun menilai PKTP melakukan tugas mulia, karena mengedukasi masyarakat, serta mengajak masyarakat agar berpola hidup sehat sehingga terhindar dari kanker.

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga sangat penting dilakukan masyarakat dalam kehidupannya, karena dapat menghindarkan dari penyakit,” jelasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :