Pelantikan Pengurus PKTP Kecamatan 6

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida. (Foto :Asyril/Diskominfo)

depok.go.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok, Elly Farida menyatakan, siap berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Depok, maupun kader Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) dalam penanggulangan kanker di Depok. Dengan berkolaborasi diharapkan bisa dicari jalan keluar bersama untuk meminimalisir kasus kematian dari penyakit kanker.

Elly yang juga Ketua YKI Kota Depok mengatakan, PKK dengan 4 Kelompok Kerja (Pokja)-nya memiliki tugas, pokok, dan fungsi masing-masing. Adapun terkait dengan penanggulangan kanker ini merupakan tugas Pokja IV yang membidangi deteksi dini kanker serviks melalui Inspeksi Visual menggunakan Asam Asetat (IVA test).

“PKK berperan aktif pada program percepatan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker, salah satunya dengan IVA Test,” ujar Elly Farida, usai melantik PKTP kecamatan se-Kota Depok periode 2017-2021 di aula lantai 1 Balai Kota Depok, Rabu (27/12/2017).

Elly menambahkan, Pokja IV senantiasa melakukan kegiatan dengan menekankan pentingnya deteksi kanker secara dini. Karena diyakini penyakit kanker dapat disembuhkan jika ditemukan dalam stadium dini.

Ditegaskan, saat ini kaum perempuan ‎tidak perlu malu untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker serviks. Caranya, dengan meningkatkan kesadaran diri untuk memeriksa secara rutin. Sehingga diharapkan dapat terhindar dari penyakit tersebut.

“Kanker ini sudah menjadi pembunuh silent nomor satu perempuan produktif di Indonesia.‎ Kalau tidak diketahui sejak dini akan semakin berat dalam penanggulangannya,” tegasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :