baznas tanggap bencana

Wali Kota Depok Mohammad Idris, ditemani Dandim 0508/Kota Depok Letkol Inf Iskandarmanto mengukuhkan petugas Baznas Tanggap Bencana (BTB) di Jalan H. Piih RT 005/RW 002, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Rabu (27/12/2017). (Foto: Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengukuhkan petugas Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kota Depok. Dengan adanya BTB, Baznas kini bisa berkontribusi lebih luas lagi bagi masyarakat, termasuk dalam meringankan petugas dalam mengatasi bencana.

“Alhamdulillah, Baznas sebagai lembaga resmi negara yang dilegalkan perundangan, bukan hanya menghimpun dana zakat, infak, sedekah, termasuk turut berkontribusi di bidang kebencanaan,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris, di Jalan H Piih RT 005/RW 002, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, Rabu (27/12/2017).

Mohammad Idris berharap, dengan tambahan personel BTB tersebut, dapat meringankan tugas para petugas kebencanaan di Kota Depok. Seperti dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok.

Ketua Baznas Kota Depok Encep Hidayat menambahkan, pengurus BTB sendiri baru ada 12 orang, terdiri dari seorang komandan dan koordinator di 11  kecamatan.

“Ke depannya, akan dibentuk juga petugas yang mewakili kelurahan. Dengan demikian, garis koordinasi dan komunikasi bisa lebih jelas dan terstruktur. Sehingga respons kebencanaannya pun, diharapkan lebih efisien dan menyentuh seluruh daerah,” urainya.

Selanjutnya, karena masih baru, kata Encep, Baznas Depok akan melakukan sejumlah pelatihan internal guna meningkatkan kualitas SDM. Termasuk melengkapi kebutuhan peralatan yang dibutuhkan.

“Sambil perlahan, kita lengkapi sarana dan prasarana kebencanaannya,” tutupnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih
Diskominfo

 

 

 

Bagikan post melalui :