Sekretaris Disdukcapil Kota Depok, Henry Mahawan. (Foto: Jose/Diskominfo)

depok go.id- Mendekati akhir 2018, cakupan kepemilikan akta kelahiran bagi anak usia 0-18 tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) Kota Depok, hingga tanggal 28 November 2018 cakupan kepemilikan akta kelahiran mencapai 98,83 persen.

Sekretaris Disdukcapil Kota Depok, Henry Mahawan mengatakan, dari total 564.426 anak, sebanyak 557.840 atau 98,83 persen anak yang telah memiliki akta kelahiran. Sedangkan yang belum memiliki sebanyak 6.586 anak atau 1,17 persen.

“Capain ini sudah melebihi dari target yang ditetapkan yaitu 82,5 persen di tahun ini. Kemudian, untuk di bulan Desember 2018 masih kami rekap,” tutur Henry, sapaanya saat ditemui depok.go.id di ruang kerjanya, Kamis (27/12/18).

Henry menjelaskan, dalam meningkatkan cakupan akta kelahiran, pihaknya terus melakukan berbagai terobosan. Salah satunya dengan mengadakan program pelayanan satu hari pembuatan akta kelahiran (one day service)  ke delapan kelurahan dan beberapa sekolah yang menjadi sasaran.

“Alhamdulillah,  melalui program ini banyak warga yang terbantu dalam mengurus akta kelahiran, sehingga berdampak pada peningkatan cakupan akta kelahiran di Depok,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, selain itu, saat ini pencetakan akta kelahiran semakin dipermudah yaitu hanya lima hari kerja. Pasalnya, berdasarkan Undang-undang waktu pencetakan akta kelahiran adalah 30 hari.

“Untuk itu,  kami juga menimbau kepada masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran agar segera mengurusnya,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :