Tenaga Kesehatan saat melakukan pendataan kepada warga. (Foto: Dokumentasi Kader)

depok.go.id- Semua Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kota Depok terus melakukan pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Salah satunya di RW 01 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya yang hingga kini masih melakukan pendataan dengan mendatangi warga sekitar.

Kader PKK RW 01 Abadijaya, Dina Martina mengatakan, pihaknya bersama tenaga kesehatan yang ditugaskan langsung oleh Puskesmas Abadijaya, setiap harinya melakukan pendataan. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui status kesehatan masyarakat di RW 01.

“Sejak Oktober kemarin kami berkeliling mendatangi rumah warga untuk mendata dan melakukan pengecekan kesehatan pada masyarakat,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (27/12/18).

Dikatakan Dina, pendataan dilakukan dengan memeriksa semua anggota keluarga baik dari kepemilikan administrasi kependudukan melalui kartu keluarga (KK), status kesehatan dengan memeriksa penyakit darurat. Penyakit darurat itu seperti tuberculosis, HIV, serta lepra, dan melihat status keterbelakangan mental.

Dina menambahkan, masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan akan dirujuk ke Puskesmas Abadijaya. Selanjutnya, penderita akan menerima pengobatan secara intens dari puskesmas.

“Jika penyakit yang dideritanya harus diobati secara serius maka akan didampingi langsung oleh pihak Puskesmas,” tuturnya.

Dina berharap dengan pendataan yang dilakukan, dapat meningkatkan status kesehatan di wilayah RW 01 Kelurahan Abadijaya. Dengan begitu, dapat mendukung program Depok yaitu Smart Healthy City.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :