Ketua Baznas Kota Depok, Encep saat memberikan sambutan di kegiatan Gebyar Pemberdayaan Baznas Kota Depok, di Aula Lantai I, Balai Kota Depok, Kamis (27/12/18). (Foto : Asyril/Diskominfo)

depok.go.id-Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Depok Encep mengatakan bahwa capaian pengumpulan zakat mengalami peningkatan hingga 60 persen di tahun 2018. Tercatat tahun 2017 capaian zakat sebesar Rp1,8 Miliar, sedangkan tahun 2018 zakat yang terkumpul mencapai Rp3 Miliar.

“Alhamdulillah capaian zakat tahun ini (2018) meningkat hingga 60 persen. Keuangan ini juga sudah dilaporkan dan telah mendapatkan audit Kantor Akuntan Publik (KAP) dengan opini ‘Wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia’,” ujar Ketua Baznas Kota Depok, Encep, usai kegiatan Gebyar Pemberdayaan Baznas Kota Depok, di Aula Lantai I, Balai Kota Depok, Kamis(27/12/18).

Dengan perolehan tersebut, lanjutnya, pihaknya optimistis capaian di tahun 2019 bisa lebih meningkat. Mengingat, Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan penyumbang zakat terbesar di Baznas Kota Depok.

“ASN penyumbang zakat terbesar, nilainya mencapai Rp. 1,5 Miliar. Ini bisa terjadi karena sinergisitas antara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Baznas Kota Depok yang terus terjalin. Tahun depan (2019) target kami adalah Rp13 Miliar. Kami optimistis tercapai,” tegasnya.

Menurutnya, pencapaian zakat yang dikelola Baznas Depok di 2018 cukup luar biasa. Kedepan Baznas Kota Depok akan ekspansi ke corporate atau perusahaan di Depok, sehingga zakat bisa disalurkan kepada yang membutuhkan.

“Zakat yang didapat dari ASN merupakan zakat profesi, kedepan kami akan menjangkau ke perusahaan swasta agar nilainya terus meningkat,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita

Editor : Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :