bintek keuangan parpol

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna saat menghadiri Bimtek Keuangan Parpol di Wisma Hijau, Selasa (28/02/2017). (Foto : Rysko/Diskominfo)

depok.go.id – Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna meminta agar partai politik bisa mengelola keuangannya secara transparan dan akuntabel. Akuntabilitas itu bisa dilakukan parpol dengan melaporkan ke mana saja peruntukkan bantuan keuangan yang diperoleh. Termasuk, mengecek laporan itu agar sesuai dengan syarat administrasi yang berlaku.

“Untuk itu, perlu adanya pengembangan dan peningkatan sistem pertanggungjawaban keuangan yang tepat, jelas, dan terukur. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan berdaya guna bersih dan jauh dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN),” ujar Pradi saat menghadiri Bimtek Keuangan Parpol di Wisma Hijau, Selasa (28/02/2017).

Menurutnya, terselenggaranya bimtek ini merupakan upaya peningkatan kualitas dan pemahaman tentang laporan keuangan bagi pengelola bantuan keuangan parpol. Di mana tiap parpol memiliki kewajiban untuk menyerahkan laporan petanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kepada pemerintah.

Dirinya juga berharap, kegiatan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam hal administrasi keuangan, teknik pengelolaan bantuan keuangan, serta tata cara pelaporan penggunaan bantuan keuangan. Sehingga berbagai kendala dalam membuat laporan yang merupakan kewajiban dapat dilakukan. Dengan begitu, saat pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bisa dihadapi dengan baik.

“Saya ingin parpol bisa lebih transparan dan akuntabel dalam pelaksanaan laporan pertanggungjawaban keuangan ini, agar tidak ada masalah yang terjadi saat ada pemeriksaan,” tambahnya.

Ia menyebut, bedasarkan UU No 2 Tahun 2011 disebutkan, parpol memperoleh bantuan dari APBD yang diberikan secara proposional kepada tiap parpol yang mendapat kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Bantuan ini diberikan, bertujuan untuk penguatan kelembagaan parpol sebagai wadah aspirasi masyarakat.

“Untuk itu pengelolaannya harus sebaik mungkin, begitu juga dengan pelaporannya. Karena tujuan kita adalah sama-sama ingin berikan yang terbaik bagi bangsa dan negara, khususnya bagi lingkup Kota Depok ini,” tutupnya.

Penulis: Rysko
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :