RPA

Ketua Yayasan Senyum Rumah Pendidikan Anak (RPA) Kota Depok, M. Idris Fadilah. (Foto: Guntur)

depok.go.id – Dongeng adalah salah satu media yang dapat menyampaikan berbagai pesan dan informasi. Pasalnya, melalui dongeng, informasi dan pesan dikemas secara menarik, dengan tokoh dan latar belakang cerita. Sehingga akan lebih mudah diserap oleh anak. Dengan metode mendongeng tersebut juga dapat mendorong anak-anak Depok menjadi lebih unggul dan berkarakter.

Ketua Yayasan Senyum Rumah Pendidikan Almira (RPA) Kota Depok, M. Idris Fadilah menilai salah satu media yang dianggap paling berpengaruh dan membawa dampak yang signifikan pembentukan karakter anak adalah melalui dongeng.

“Berdasarkan survei yang pernah kami temukan, sebesar 90 persen anak dapat menyerap materi yang diberikan melalui metode dongeng,” jelasnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Lebih lanjut, Fadilah mengatakan dengan dongeng, anak-anak dapat belajar dari setiap cerita yang disampaikan. Selain itu, saat mereka mendengarkan dongeng, anak dapat meningkatkan kreativitas dan daya imajinasinya.

“Ketika anak berusia empat hingga lima tahun, daya imajinasinya masih sangat tinggi. Karena itu melalui dongeng, para guru dan orang tua dapat memaksimalkan daya imajinasi anak untuk membentuk karakter mereka,”katanya.

Untuk itu, Yayasan Senyum RPA Depok memilih metode mendongeng sebagai bentuk pelatihan kepada para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Depok.

“Dengan pelatihan dongeng, kami mengajarkan kepada para guru PAUD cara mendongeng. Diharapkan, mereka dapat memasukan nilai-nilai positif kepada anak usia dini melalui dongeng,” tutupnya.

 

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :