fopd dishub

Wali Kota Depok Mohammad Idris membuka Forum OPD Dinas Perhubungan di aula Gedung Sasono Mulyo, Cilodong, Selasa (28/02/2017). (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Penambahan kapasitas dan jaringan jalan di wilayah Depok terus dilakukan Pemerintah Kota Depok untuk memberikan pelayanan yang unggul dan nyaman kepada masyarakat. Dengan kapasitas dan jaringan jalan yang terus bertambah, diharapkan aktivitas warga Depok tidak terpusat di satu titik jalan saja.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, sebagian jalan di Kota Depok berstatus jalan provinsi dan jalan nasional. Menurutnya, intervensi peningkatan jalan provinsi dan nasional terus dilakukan Pemerintah Kota Depok, melalui dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok.

“Jaringan jalan di Kota Depok saat ini masih bersifat sentralistik, sehingga kemacetan yang terjadi hanya di titik tertentu saja,” ujarnya saat membuka Forum OPD Dinas Perhubungan di aula Gedung Sasono Mulyo, Cilodong, Selasa (28/02/2017).

Ia juga menambahkan, peningkatan kapasitas dan jaringan jalan menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kota Depok. Ini dimaksudkan agar pengguna jalan tidak terpusat pada satu titik dalam beraktivitas. Lebih lanjut, kata Mohammad Idris, sekitar 70 persen warga Depok beraktivitas di luar Kota Depok seperti Jakarta dan Bogor.

Program penyelesaian permasalahan lalu lintas yang direncanakan Dinas Perhubungan di Forum OPD ini, diharapkan menjadi sebuah solusi masalah kemacetan di Kota Depok. Namun, Kota Depok juga diuntungkan dengan fasilitas transportasi kereta listrik (Commuterline) yang lima stasiunnya bisa melayani masyarakat Depok.

“Lebih dari 100 ribu warga Depok memanfaatkan kereta listrik untuk beraktivitas, jenis transportasi ini sangat membantu,” jelasnya.

Sedangkan untuk ketertiban jalan, ia berharap, Dinas Perhubungan terus melakukan penertiban terhadap angkutan kota yang berhenti sembarangan. Terlebih, kebiasaan itu mengakibatkan lalu lintas jalan menjadi tersendat.

Selain itu, peningkatan kapasitas terminal juga menjadi perhatian Pemerintah Kota Depok. Saat ini Dinas Perhubungan sedang mengkaji kemungkinan dibangunnya sub terminal sebagai penghubung daerah barat, tengah, dan timur yang diharapkan bisa mengurangi beban terminal utama.

Penulis : Agus
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :