depok.go.id-Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok terus melakukan sertifikasi bagi para anggotanya. Upaya tersebut dilakukan demi memperkuat kompetensi semua personel dalam memberi pelayanan dan penyelamatan untuk warga Depok yang membutuhkan.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, sertifikasi dilakukan mulai dari petugas rescue (juru selamat), juru padam, operator mobil, inspektur kebakaran, instruktur kebakaran, hingga petugas penyuluh lapangan. Saat ini pihaknya sudah memiliki 20 juru padam yang sudah bersertifikat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dikatakannya, ada 8 petugas rescue yang sudah tersertifikasi dari 12 orang. Sedangkan untuk operator mobil sudah ada 20 petugas yang tersertifikasi.

Kemudian, personel lain yang sudah tersertifikasi diantaranya 6 inspektur kebakaran, 8 instruktur kebakaran. Lalu untuk penyuluh lapangan sudah ada 3 petugas yang tersertifikasi.

“Prioritas kami memang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk rutin memberikan pelatihan dan pendalaman materi tentang apa itu penyelamatan dan pengetahuan lainnya,” ujar Gandara kepada depok.go.id di Cilodong, Kamis (28/02/19).

Dirinya menambahkan, pembekalan dan sertifikasi anggota dinasnya dinilai penting. Sebab, hal itu demi keselamatan anggota di lapangan yang selalu bekerja dalam kondisi berbahaya.

“InsyaAllah kami akan memberikan pelatihan penyelamatan kebakaran dan penanganan bencana pada para petugas. Pelatihan mentalitas dan kesamaptaan bagi aparatur pemadam kebakaran, serta pembinaan pegawai Dinas Damkar dan Penyelamatan,” tandasnya.

 

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :