Kegiatan sosialisasi perlindungan anak di Kelurahan Cilangkap belum lama ini. (Foto : Janet/Diskominfo)

depok.go.id-Kelurahan Cilangkap terus melakukan upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Salah satunya, dengan terus memberikan pemahaman perlindungan anak kepada  seluruh pihak terkait yang ada di wilayah.

Lurah Cilangkap, Suaibun mengatakan, tidak dimungkiri masih adanya temuan kasus kekerasan terhadap anak di wilayahnya. Maka itu, pembekalan pemahaman terkait perlindungan anak terus digalakkan untuk menekan angka kekerasan terhadap anak.

“Dasar hukum kegiatan pembekalan pemahaman perlindungan anak ini tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana Kekerabatan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan. Ketentuan itu harus dijalankan,” ucapnya kepada depok.go.id, Rabu (28/08/2019).

Dia menjelaskan, sosialisasi juga diperlukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat  tentang pemenuhan hak anak dan perlindungan anak. Dengan mendatangkan narasumber dari dinas terkait seperti Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, LK3 Dinas Sosial Kota Depok, serta 3 pilar Kelurahan Cilangkap.

“Belum lama ini, Kamis (22/08) kami menggelar sosialisasi perlindungan anak. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 120 orang peserta yang terdiri dari pengurus Posyandu se-Kelurahan Cilangkap, Gugus Tugas Kelurahan Layak Anak, Forum Anak Kelurahan Cilangkap, serta para pengurus RW Ramah Anak, para tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kelurahan Cilangkap,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cilangkap, Zulfikar mengatakan, akan turut serta menggaungkan kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan adanya pelatihan para orang tua bisa memahami akan hak-anak dengan memberikan perhatian yang maskimal kepada anak.

“Harapan kami pelatihan tersebut juga akan dilakukan secara berkesinambungan dan akan mencakup sasaran yang lebih besar lagi. Misalnya, dengan melibatkan seluruh sekolah yang ada di sini,” pungkasnya.

Penulis: Janet Swastika

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :