Ratusan pelaku UMKM kuliner di Depok mengikuti Talkshow Keamanan Pangan dari BPOM RI di Hotel Bumi Wiyata Depok. (Foto : Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Republik Indonesia (RI) hari ini menggelar kegiatan Talkshow Keamanan Pangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kuliner. Kegiatan yang diikuti ratusan pelaku UMKM Depok ini digelar untuk menambah wawasan pelaku usaha menciptakan produk yang unggul dan aman.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris ikut menghadiri Talkshow Keamanan Pangan Bagi UMKM Kuliner. Dirinya menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, melalui talkshow, para pelaku UMKM Depok dapat terdorong agar mengedepankan produk pangan yang aman, bermutu, dan bergizi.

“Kami memiliki komitmen memajukan UMKM Kota Depok agar lebih berdaya saing. Dengan adanya kegiatan ini, mari sama-sama meningkatkan kualitas. Seperti terkait kapasitas marketing dan distribusi dari para pelaku UMKM,” katanya saat kegiatan di Hotel Bumi Wiyata Depok, Rabu (28/08/2019).

Dirinya mengharapkan, para peserta talkshow menyimak dengan baik hal-hal yang disampaikan dalam kegiatan tersebut. Dengan begitu, mereka bisa menerapkan ada poin-poin positif, sehingga menjadikan produk UMKM, khususnya di sektor kuliner lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito menuturkan, Depok sebagai kota yang memiliki konsen cukup baik dalam pengembangan UMKM. Apalagi, Depok juga dikenal dengan kolaborasi antara pemerintah, akademik atau peneliti, dan para pengusaha yang terjalin dengan baik.

Lebih lanjut, ucapnya, kegiatan talkshow dihadiri berbagai elemen, mulai dari perwakilan Kementerian atau Lembaga, perguruan tinggi, dan organisasi masyarakat terkait. Selain itu, ada juga Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan UMKM binaan mereka.

“Selain talkshow, sebagai bukti komitmen kami memajukan UMKM, juga ada penandatanganan Nota Kesepemahaman (MoU) antara BPOM dengan Aprindo terkait pengawasan dan pembinaan peredaran obat dan makanan di ritel modern. Termasuk, penyerahan Nomor Izin Edar (NEI) dari BPOM untuk UMKM Depok,” tutupnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :