depok.go.id – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, sudah mulai melayani digitalisasi arsip masyarakat. Dengan sosialisasi yang masif lewat situs resmi Pemkot Depok www.depok.go.id maupun memanfaatkan media sosial instagram, kini makin banyak warga yang mengetahui informasi layanan arsip gratis tersebut.

Salah seorang warga yang memanfaatkan layanan tersebut adalah Nurcahya Paceming Pertiwi (25 tahun), warga Kemiri Jaya RT 03/RW 01, Beji, Depok. Dirinya mengaku mengetahui informasi digitalisasi arsip dari Diskarpus melalui sosial media instagram. Setelah itu, dia langsung mendatangi Gudang Arsip untuk memindai arsip pribadinya dan disimpan dalam bentuk digital.

“Saya membawa ijazah SD sampai ijazah kuliah, KTP, Kartu Kuning, Kartu Keluarga, serta Akta Kelahiran. Setelah di-scan saya dapat CD-nya dan semuanya gratis,” ujar Nur saat ditemui di Gudang Arsip, Jumat (28/09/2018).

Dia menambahkan, pelayanan yang diterimanya sangat baik, ramah, dan cepat. Dirinya mengaku bakal merekomendasikan pelayanan ini pada keluarga, tetangga, dan teman. Serta mengunggah layanan itu di sosial media pribadinya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kearsipan Diskarpus Kota Depok, Eneng Sugiarti bersyukur, pelayanan yang disediakan oleh pihaknya sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Digitalisasi arsip ini juga aman, karena akan dijaga kerahasiaannya.

“Arsipnya tidak akan bocor ke mana-mana, saya bisa jamin itu. Selain dikasih CD, back up di Diskarpus juga ada sehingga kalau sewaktu-waktu CD yang dimiliki rusak atau hilang bisa minta lagi ke kami. Tetapi, tentunya dengan menunjukkan identitasnya terlebih dahulu,” tandasnya.

 

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :