HSP terminaldepok.go.id – Puluhan anak jalanan memadati Terminal Depok untuk melakukan upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang diselenggarakan oleh Paguyuban Terminal Depok (Panter), Rabu (28/10/15) pagi tadi. Kegiatan ini dapat terlaksana karena adanya kerjasama dengan Komunitas Aksi Kemanusiaan Indonesia (KAKI) Foundation.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang dan meneladani semangat juang pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan di masa lalu, sehingga diharapkan para generasi muda dapat mencontoh perjuangan para pahlawan.

Acara ini melibatkan masyarakat binaan Terminal Depok, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas Pemuda, komunitas, pelajar, serta masyarakat umum. Selain upacara, digelar juga beberapa kegiatan seperti pemasangan 5.000 stiker bendera merah putih di seluruh angkutan umum yang telah dilaksanakan pada 20 Oktober kemarin, bakti sosial, penanaman 500 pohon di area Terminal Depok, pertunjukan seni, sosialisasi dan pemeriksaan HIV/AIDS, senam, dan doorprize.

“Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kemauan dan kegigihan anak-anak terminal, dan harapan dari kegiatan ini mampu membawa para muda mudi Indonesia agar dapat mengingat dan mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului,“ ujar Ketua Panter Depok, Agus Kurnia.

“Pada upacara ini secara langsung kita mendidik anak-anak untuk tidak lupa terhadap peran besar para pahlawan yang terdahulu. Semoga mereka (anak-anak) dapat mengimplementasikan sikap kepahlawanan dalam diri mereka ke dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Senada dengan itu, Community Organizer (CO) Kaki Foundation, Ramdani mengatakan bahwa pemaknaan Sumpah Pemuda tidak cukup hanya pada tahapan peringatan semata, melainkan dibutuhkan upaya serius dan berkesinambungan untuk bisa menanamkan jiwa kebersamaan dan rasa memiliki terhadap segenap bangsa.

“Di tangan generasi mudalah nasib sebuah bangsa dipertaruhkan, jika generasi mudanya memiliki semangat dan kemampuan untuk membangun bangsa dan negaranya, maka sesungguhnya semua itu dapat diwujudkan dengan kekuatan bersama,” tutup Ramdani. (Vidyanita/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :