Lansia Kota Depok. (Foto: Indri/Diskominfo).

depok.go.id- Pertumbuhan dan proporsi penduduk lanjut usia (lansia) semakin meningkat, hal itu sejalan dengan meningkatnya pelayanan sosial yang harus dioptimalkan. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus mengingatkan masyarakat untuk memberikan perhatian khusus kepada lansia agar terus berativitas.

Menurut Kepala Seksi Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok Nur Impita, keberadaan lansia harus terus perhatikan. Pasalnya, lansia juga memiliki andil besar dalam meningkatkan pembangunan di Kota Depok.

“Meskipun sudah usia lanjut, lansia dapat terus produktif tentunya dengan dukungan dari kita sebagai orang-orang terdekat mereka,” tuturnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan Nur Impita, ada sejumlah pelayanan sosial yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengoptimalkan peran lansia. Diantaranya memberikan penekanan prinsip kepada lansia dengan memberikan stigma lanjut usia dapat terus berguna, tidak mengucilkan keberadaan lansia, menghindari sikap sensitif. Selanjutnya, pemenuhan kebutuhan secara tepat, serta tidak membesarkan masalah dan menghindari sikap belas kasih.

Kemudian, sambungnya, melakukan pelayanan sosial yang terdiri dari pelayanan yang cepat dan tepat, pelayanan yang bermutu yaitu pelayanan yang memberikan kepuasan bagi lansia. Lalu, pelayanan yang efektif dan efisien dengan pelayanan prinsip tepat guna dan tepat sasaran.

“Ada juga pelayanan yang akuntabel harus dipertanggung jawabkan kepada masyarkat. Terakhir, pelayanan yang komperhesif alat bantu keterampilan mobilitas mandiri dan akses kesumber yang luas,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, dengan pelayanan sosial yang diberikan diharapkan lansia dapat bertambah semangatnya, sehingga dapat terus berkontribusi dalam menyukseskan depok yang unggul, nyaman, dan religius.

Penulis : Indri Purnama
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo

Bagikan post melalui :