depok.go.id – Masyarakat Kota Depok yang memiliki anak usia 1 hingga 16 tahun diimbau untuk bersabar memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok baru akan memulai proses ini pada awal Januari 2016 mendatang, serentak di seluruh kelurahan di Kota Depok.

Hal ini diutarakan Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir, usai penandatanganan MoU dengan mitra-mitra yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok di lapangan Balai Kota Depok, Senin (28/12/15).

“Dalam database kami, tercatat hampir 540 ribu anak yang tinggal di Depok dan punya hak untuk memiliki KIA. Januari nanti baru kita mulai prosesnya dengan cara bertahap, karena keterbatasan blangko,” ujar Munir.

Munir menambahkan, nantinya pembuatan KIA ini dapat dilakukan di kelurahan masing-masing dengan syaratnya usia 1-5 tahun dapat melampirkan pas foto, akta kelahiran, dan kartu keluarga (KK). Sementara untuk usia 5-16 tahun dapat melakukan perekaman foto di kkelurahan.

“Perekaman foto ini juga bertujuan agar begitu usia 17 tahun, sang anak tidak perlu lagi melakukan perekaman foto karena data sudah tersimpan di kelurahan. Perekaman foto dapat diulang jika wajah sang anak dirasa berubah,” tambahnya seraya melempar canda.

Terakhir, Munir berpesan kepada seluruh orangtua maupun anak yang berusia di bawah 17 tahun untuk mempersiapkan diri dalam menyambut pembuatan KIA Januari mendatang. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :