bu yulia bpmk

Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok bersama Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Depok siap dampingi anak bermasalah seperti yang tergabung atau terlibat dalam geng motor. Pendampingan diberikan tidak hanya dengan bantuan psikolog, melainkan juga bantuan hukum.

“Pendampingan kami siap berikan sejak kasus tersebut terjadi apabila diminta, psikolog kami akan mendampingi anak yang bermasalah tersebut. Bantuan hukum juga siap kami berikan,” ujar Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/12/2017).

Dikatakannya kasus anak bermasalah secara sosial yang sedang merebak ini, menjadi titik balik instropeksi bagi para orang tua untuk lebih memberi perhatian pada anak-anaknya. Karena menurutnya, sebuah tindak pidana yang dilakukan anak tidak bisa sepenuhnya disalahkan pada sang anak.

“Ini menjadi PR bagi kita, sebagai orang tua. Selain itu, menjadi masukan juga bagi kami nanti akan kami cek apakah di lokasi rumahnya sudah ada RW ramah anaknya atau belum, karena kalau sudah ada RW ramah anaknya sudah dapat ditampung keinginan dan kreativitas anak-anak tersebut,” tambahnya.

Tak lupa dirinya mengimbau kepada para orang tua di Kota Depok, untuk dapat memberikan waktu mendampingi anaknya. Orang tua pun harus memahami pentingnya mendampingi anak untuk memberikan perhatian dan pelindungan.

“Saat ini banyak orang tua yang memiliki sedikit waktu untuk mendampingi anaknya, hal tersebut harus dihindari,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :