Kepala bidang tumbuh kembang dan pengembangan kota layak anak DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia

Kepala bidang tumbuh kembang dan pengembangan kota layak anak DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia. (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Untuk suksesnya program Kota Layak Anak (KLA) di Depok, sosialisasi ke berbagai pihak dan para pemangku kepentingan terus dilakukan. Salah satu yang menjadi sasarannya yakni para remaja usia SMP dan SMA agar mereka mengetahui hak dan kewajibannya sebagai anak.

Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Yulia Oktavia mengungkapkan, sepanjang 2017 ini pihaknya telah massif memberikan sosialisasi pada pelajar di Kota Depok mengenai program KLA.

“Terakhir kami lakukan pada 100 Ketua OSIS SMP dan SMA se-Kota Depok agar mereka mengetahui program KLA yang sedang dilaksanakan Pemkot Depok,” ujar Yulia, saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (28/12/2017).

Dikatakannya sosialisasi juga dilakukan melalui Forum Anak Kota Depok. Keterlibatan Forum Anak ini diharapkan tidak hanya mampu mentransfer pengetahuan yang didapat pada pengurus dan teman sebayanya yang ada di kecamatan dan kelurahan se-Kota Depok. Melainkan juga bisa bersinergi dengan organisasi anak dan remaja sejenisnya seperti PIK-R, Karang Taruna, OSIS sekolah, hingga Pramuka.

“Bersinergi dengan DPAPMK juga sangat penting, karena untuk memberitahukan program yang ada pada mereka. Mereka akan menjadi juru bicara terkait program-program KLA dengan bahasa mereka sendiri,” tambahnya.

Dikatakannya, saat ini pembangunan yang sedang dijalankan Pemkot Depok berbasis hak anak. Dengan orientasi yang lebih menitikberatkan pada anak diharapkan akan lahir generasi yang unggul sebagaimana salah satu visi Kota Depok.

“Hal ini penting sekali demi mengisi pilar-pilar hak anak yang ada di dalam pembangunan,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :