depok.go.id –  Sungai Ciliwung yang melintasi Kota Depok direncanakan untuk dijadikan tempat wisata air. Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Depok, Mohammad Idris saat mengunjungi Sungai Ciliwung beberapa waktu lalu.

“Ciliwung memiliki potensi untuk dijadikan wisata air, misalkan di beberapa titik masih ada mata air yang bisa dimaksimalkan. Selain itu, juga masih banyak tanaman-tanaman yang sudah langka seperti bambu tutul,” ujarnya.

Terlebih, saat ini Ciliwung di Kota Depok sudah memiliki pos pantau serta dermaga. Dengan komitmen yang kuat, diharapkan menjadikan Ciliwung sebagai wisata air dapat terwujud. Hingga saat ini pihak Pemkot melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) serta beberapa komunitas masih mengeksplorasi titik-titik mana saja di Ciliwung yang dapat dijadikan wisata.

Idris mengatakan bahwa pihak Pemkot akan mengadakan kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Koordinasi mengenai pola kerja sama baiknya dalam bentuk seperti apa, manajemen pengelolaan, apakah memang diberdayakan oleh pemerintah pusat atau melalui daerah.

Sejauh ini koordinasi dengan pemerintah pusat memang selalu terjalin, namun hanya sebatas pada kegiatan pemeliharaan saja.

“Tergantung lampu hijau dari pusat. Koordinasi akan kami lakukan, mudah-mudahan pihak pusat mendukung hal ini,” ujarnya. (Rysko/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

 

 

Bagikan post melalui :