IMG-20160229-WA0009

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (tengah). (Foto: Nurul/ Diskominfo)

depok.go.id – Pemkot Depok melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggelar sosialisasi pencanangan layanan administrasi kependudukan di tempat atau One Hour and One Day Service. Layanan tersebut memudahkan warga Depok yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran hanya dalam waktu satu hari.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna yang turut membuka pencanangan dan sosialisasi tersebut mengatakan jika untuk saat ini program tersebut dilakukan terlebih dahulu di Kecamatan Cimanggis.

“Kecamatan berikutnya yang akan menjalankan layanan ini adalah Kecamatan Sukmajaya. Saya berharap seluruh kecamatan juga bisa melakukan aplikasi layanan ini sehingga bisa mempermudah masyarakat dan lebih efektif,” ujarnya, Senin (29/2/2016).

Ia menjelaskan, jika Pemkot Depok pun sudah siap menjalankan program tersebut dengan dukungan kesiapan alat dan ketersediaan blanko yang memadai.

“Setelah saya lihat kesiapannya sudah baik mulai dari print out-nya juga siap. Kami juga sudah siapkan semua hingga ke tingkat kelurahan. Melalui layanan ini kepengurusan akta kelahiran yang biasa memakan waktu hingga 30 hari, ini bisa diselesaikan selama satu hari. Namun, semua itu dengan catatan yakni syarat dan kelengkapan pembuatan KTP, KK atau Akta Kelahiran terpenuhi,” jelasnya.

Menurutnya, program tersebut tak hanya mengenai layanan administrasi penduduk saja melainkan juga dapat diaplikasikan dalam layanan lain.

“Saya berharap di semua sektor layanan juga bisa melakukan seperti ini dan ini gratis,” pungkasnya. (Nurul Hasanah/ Ed: Siti Rahma – Diskominfo)

Bagikan post melalui :