Ilustrasi pelaksanaan program BIAS di salah satu sekolah. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan menyasar 36.884 anak dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua bulan mulai Agustus – September dengan mendatangi sekolah se-Kota Depok.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, BIAS rutin dilakukan setiap tahun di Depok. Karena itu, demi menyukseskan program tersebut, Dinkes menggandeng Puskesmas di wilayah.

“Bulan imunisasi anak sekolah sudah berjalan di Kota Depok. Tenaga kesehatan di Puskesmas datang langsung ke sekolah untuk memberikan imunisasi,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (29/08/2019).

Novarita menuturkan, imunisasi diberikan kepada anak usia 6 hingga 7 tahun yang merupakan siswa kelas I dan II. Untuk imunisasi yang diberikan yaitu vaksin untuk campak, gejala campak, difteri tetanus (DT), dan tetanus difteri (TD).

Dikatakannya, bagi anak yang tidak masuk sekolah dan belum mendapatkan imunisasi dapat langsung datang ke Puskesmas setempat. Dengan begitu, anak tetap mendapatkan vaksin untuk imun tubuhnya.

Novarita menambahkan, dengan adanya BIAS diharapkan generasi penerus khususnya di Depok dapat terlindung dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus. Sebab, penularan penyakit seperti campak sangat cepat.

“Campak, DT, dan TD penyebarannya sangat cepat. Karena itu, melalui imunisasi kekebalan tubuh seseorang dapat lebih tinggi, sehingga tidak akan mudah terserang penyakit tersebut,” tutupnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :