Satpol PP Depok menggelar Sosialisasi Perda Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum (Tibum) di Kelurahan Pondok Cina. (Foto: Istimewa)

depok.go.id-Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Peraturan Daerah (Perda) di Kota Depok butuh sosialisasi yang masif. Untuk itu, melalui Gerakan Sadar Hukum dan sosialisasi Perda Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum (Tibum), Satpol PP Kota Depok berharap tingkat kesadaran hukum di kalangan masyarakat semakin meningkat.

Menurut Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah, Taufiqurakhman, kegiatan sosialiasi ini bertujuan menginformasikan kepada masyarakat terkait banyaknya Perda yang harus dipatuhi. Dengan begitu, masyarakat dapat mengetahui dan mematuhi aturan yang berlaku di Kota Depok.

“Kami memberikan sosialisasi kepada RT, RW, LPM, PKK, karang taruna dan tokoh masyarakat sebagai peserta. Harapan kami mereka bisa menindaklanjuti informasi ini ke masyarakat,” katanya kepada depok.go.id, Kamis (29/08/2019).

Dikatakan Taufiq, sapaan akrabnya, sosialisasi dilakukan dua kali di Kelurahan Pondok Cina dan Tanah Baru. Dirinya menyebutkan, tidak hanya materi terkait Perda yang diberikan untuk masyarakat. Sebab, Satpol PP juga mengundang perangkat daerah lain sebagai narasumber.

“Jadi Kepala Satpol PP Kota Depok Lienda Ratnanurdianny menekankan bahwa sosialisasi ini penting dilakukan oleh kami. Karena itu, sudah ada dalam program kegiatan Satpol PP demi memberi edukasi dan kesadaran terhadap perda di Depok. Terutama Perda Pembinaan dan Pengawasan Tibum. Sosialisasi ini dipimpin oleh Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah dan Kepala Seksi Pembinaan dan Penyuluhan Satpol PP,” terangnya.

Taufiq menambahkan, masyarakat dapat lebih sadar dengan Perda yang berlaku di Kota Depok. Dengan begitu, nantinya tidak ada lagi pelanggaran yang dilakukan sebagai wujud untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Peraturan ini ada untuk ditaati, dengan sosialisai yang kami berikan, masyarakat dapat mengetahui dan juga melaksanakan sesuai aturan yang ada,” pungkasnya.

Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :