depok.go.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia kembali memilih Kota Depok untuk mengadakan bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur pemadam kebakaran berbagai kualifikasi yang berbasis kompetensi “Kualifikasi Pemadam I” skala nasional. Hal tersebut dilakukan karena pihak Kemendagri menganggap bahwa saat ini lembaga kebakaran di Kota Depok sudah jelas dan tertata dengan baik.

“Di Indonesia bentuk kelembagaan pemadam kebakaran sangat beragam, dan Depok lah yang relatif baik serta sudah mapan,” tutur Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Sarana Prasarana dan Informasi Kebakaran, Evan Nursetyo Hadi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Evan menambahkan bahwa di Kota Depok juga memiliki sumber daya manusia yang cukup dan berpengalaman serta telah mengikuti pendidikan dan pelatihan, sehingga dengan terpilihnya Depok sebagai tuan rumah penyelenggaraan Bintek dengan peserta dari 45 kabupaten/kota ini dapat terjadi penularan ilmu kepada daerah lain.

Selain itu, terpilihnya Depok sebagai tempat Bintek karena kota yang terkenal dengan ikon belimbing ini sudah memiliki alat-alat yang memenuhi standar. Dengan begitu, saat similuasi para peserta Bintek dapat menggunakan alat yang ada.

Terakhir, Evan berharap ke depannya lebih banyak wilayah yang memperhatikan fasilitas untuk penanganan kebakaran atau bencana. Mengingat, aspek tersebut sangat penting guna menunjang keselamatan masyarakat yang tinggal di masing-masing daerah.

“Semoga ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain, karena saat ini instansi pemadam kebakaran di sejumlah wilayah hanya berbentuk kelompok, tidak tertata dengan baik,” tutupnya. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :