puskesmasdepok.go.id – Upaya meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan, tahun 2015 ini Dinkes Kota Depok akan menilai Puskesmas untuk mendapat predikat Puskesmas berprestasi. Penilaian ini merupakan salah satu upaya membangun semangat Puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan berbudaya kerja bagi petugas Puskesmas.

Hal tersebut dikatakan langsung Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, dr. Zakiah ketika dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (29/09/2015). Zakiah menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat pusat.

“Dengan pedoman Permenkes Nomor 24 Tahun 2015, kami akan melakukan penilaian Puskesmas berprestasi,” ujar Zakiah.

Dokter yang ramah ini mengungkapkan, penilaian ini bertujuan sebagai salah satu wadah pembinaan dalam upaya mencapai akreditasi Puskesmas. Selain itu, Dia juga mengungkapkan bahwa penilaian ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kompetisi yang sehat antar Puskesmas.

Adapun  kategori penilaian yang diambil antara lain mengenai Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), dan manajemen Puskesmas. Adapun instrumen penilaiannya sendiri, Zakiah menuturkan ada cukup banyak, sesuai dengan yang tertuang di dalam Permenkes Nomor 24 Tahun 2015.

Selain itu, penilaian juga ditujukan untuk memperoleh Puskesmas yang melaksanakan pelayanan terutama kegiatan promotif dan preventif, serta pemberdayaan masyarakat dengan baik, dan memiliki inovasi sesuai masalah maupun sumber daya yang ada.

“Kami ingin melihat sejauh mana 11 UPT Puskesmas dan 24 UPF Puskesmas di Kota Depok melayani masyarakat, baik dari sisi pelayanan promotif maupun preventif, dengan demikian hasil kerja Puskesmas dapat diukur skala keberhasilannya,” tutup Zakiah. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :