jatijajardepok.go.id – Upaya melestarikan lingkungan, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il didampingi Perwakilan Kepala Organisasi, perwakilan Polres, Kodim, Kelompok Wanita Tani, pelajar, organisasi kepemudaan, serta warga sekitar, melakukan aksi tanam pohon di Terminal Jatijajar, kemarin (28/10/15).

Kegiatan yang juga termasuk dalam rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata hijau. Termasuk di dalamnya konservasi serta penambahan luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) seperti yang diamanatkan dalam peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, sebesar 30% dari luasan kota.

Mengusung tema ‘Selamatkan Lingkungan Indonesia Selamatkan Bumi, Aksi Hijau Pemuda Kini, Selamatkan Pemuda Mendatang’, titik penanaman pohon disebar menjadi lima zona lokasi. Jumlah pohon yang ditanam sekitar 235 pohon yang terdiri dari, zona 1 sebanyak 40 pohon puli, zona 2 sebanyak 35 pohon trembesi, zona 3 sebanyak 50 pohon alpukat, zona 4 sebanyak 10 pohon kecapi dan zona 5 sebanyak 100 pohon mahoni.

“Dalam rangka memperingati Hari sumpah Pemuda, kita melakukan aksi-aksi kongkrit, seperti mengajak menyelamatkan pemuda yang akan datang dengan cara melakukan penanaman aneka tanaman yang memberikan manfaat untuk warga Depok,” imbau Nur Mahmudi disela-sela penanaman pohon.

Pencetus One Day No Car (ODNC) itu berpesan kepada masyarakat, agar dapat memanfaatkan seluruh lahan yang tersedia di Kota Depok ditananmi tumbuhan yang memberi manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Penanaman tersebut dapat dimanfaatkan untuk penghijauan atau nantinya untuk memenuhi kebutuhan sayur-mayur dan buah-buahan.

“Dengan contoh penanaman yang kita berikan, kami berharap dapat memberikan inspirasi serta manfaat yang besar untuk paru-paru Kota Depok,” ujar Nur Mahmudi seraya mengajak masyarakat Depok untuk selamatkan bumi sejak dini. (Vidyanita/Ed: Faizal Satrio – Diskominfo)

Bagikan post melalui :