pramuka

Sosialisasi pengelolaan lingkungan hidup dan pengenalan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Selasa (29/12/2015). (Foto : Nurul/Diskominfo)

depok.go.id – Sebanyak 15 sekolah SD, SMP, SMA baik negeri dan swasta peraih penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional mendapat sosialisasi pengelolaan lingkungan hidup dan pengenalan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru. Sosialisasi yang diadakan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok bertujuan untuk lebih mengoptimalkan peran Saka Kalpataru pada sekolah-sekolah peraih Adiwiyata Nasional.

Kepala BLH, Wijayanto, mengatakan Saka Kalpataru merupakan wadah pendidikan dan pembinaan bagi anggota Pramuka penegak dan pandega dalam menyalurkan minat dan pengembangan bakat, khususnya yang berkaitan dengan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

”Saka Kalpataru mencetak kader Pramuka yang memiliki pengetahuan dan keterampilan serta mampu berperan dalam mewujudkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan,” katanya saat membuka acara, di aula Perpustakaan Umum Kota Depok, Selasa (29/12/2015).

Wijay juga mengajak para peserta sosialisasi untuk mau menjadi kader lingkungan dengan menjadi 4 sahabat, yakni sahabat sampah, sahabat pohon, sahabat air, dan sahabat energi, karena apabila sudah menjadi sahabat niscaya akan lebih dapat menjaga sehingga lingkungan akan tetap lestari.

Sementara itu, salah satu pengurus Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok, Safiah Zuhra, yang menjadi salah satu pemateri mengungkapkan upaya peduli lingkungan para anggota Pramuka dilakukan melalui pelaksanaan krida Saka Kalpataru yakni Krida 3R (Reduce, Reuce dan Recycle), Krida Perubahan Iklim, dan Krida Keanekaragaman Hayati.

Safiah menambahkan, ada berbagai macam bentuk kegiatan Saka Kalpataru ini untuk para anggota Pramuka Penegak, di antaranya dengan latihan Saka secara berkala, perkemahan Bakti Saka dalam rangka bakti kepada masyarakat, serta bisa mengadakan kegiatan khusus untuk kepentingan tertentu.

“Kegiatan khusus ini misalnya persiapan lomba, perayaan Hari Pramuka, atau Hari Lingkungan Hidup, kader Saka Kalpataru ini dapat memanfaatkan momen-momen tersebut untuk berkampanye peduli lingkungan di masyarakat sekitar rumah maupun sekolahnya,” ujar Safiah. (Nurul/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :