Ketua MUI Kota Depok Ahmad Dimyati Badruzzaman2

Ketua MUI Kota Depok, Ahmad Dimyati Badruzzaman. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok memberikan perhatian yang cukup besar terhadap kualitas akhlak dan keilmuan para pemuda di Kota Depok. Selain membina pemuda dalam pengajian rutin agar tidak terjerumus menjadi anggota geng motor, MUI juga bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan pengkaderan pemuda dalam wadah Pendidikan Kader Ulama (PKU).

“Kaderisasi ini bersifat tahunan, dalam tiga tahun terakhir ini sudah ada ratusan pemuda yang mewakili tiap kecamatan dan pondok pesantren di Kota Depok,” kata Ketua MUI Kota Depok, Ahmad Dimyati Badruzzaman kepada depok.go.id, Jumat (29/12/2017).

Dikatakannya, para peserta akan menjalani pendidikan selama dua bulan di Gedung MUI Depok. Selama itu, mereka dibekali materi keislaman, seperti Ulumul Tafsir, Ulumul Quran, Hadis, Fikih, termasuk materi tantangan dakwah di zaman ini. Pematerinya sendiri, imbuhnya, para kyai dan civitas akademika yang mumpuni di bidangnya.

“Peserta yang telah lulus, diharapkan dapat menyebarkan ilmunya secara aktif dan seluas-luasnya,” katanya.

Selain itu, MUI Depok juga menggelar pengajian terbuka. Di sini pihaknya senantiasa mengajak organisasi kepemudaan untuk menghadiri kajian setiap Senin setelah Salat Zuhur yang diisi langsung oleh Ketua MUI Kota Depok. Di dalam kajian tersebut, dibahas tentang Tafsir Hadis, Tasawuf, dan Akidah Akhlak. Selain itu, per dua bulanan diadakan juga pengajian ulama umara yang mengangkat persoalan keumatan terkini.

Diakuinya, pembinaan tersebut di luar kegiatan-kegiatan yang bersifat Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Seperti saat Ramadan, Idulfitri, atau Iduladha.

“Bukan hanya orang tua, tapi anak-anak muda juga kita undang, sehingga nilai-nilai keislaman dapat tertanam dalam keseharian mereka. Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung salah satu visi Kota Depok, yaitu menjadi Depok yang religius,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :