pak kusumo

Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Kusumo. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Untuk mewujudkan Kota Depok sebagai Zero Waste City, dibutuhkan upaya konkret agar pencapaian tersebut dapat terealisasi sebelum tahun 2020. Salah satu langkah konkret yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok adalah melakukan percepatan dalam pengelolaan dan pengolahan sampah dengan melibatkan kader bank sampah.

“Kami intens membina kader bank sampah, terlebih terkait peningkatan kapasitas pengelolaan Reuse, Reduce dan Recycle atau disingkat 3-R. Mereka inilah yang menjadi pemerhati dan peduli terhadap lingkungan,” ujar Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Kusumo, di Balai Kota, Jumat (29/12/17).

Dikatakannya, keberadaan kader bank sampah sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam menyosialisasikan program-program pemerintah terutama bidang kebersihan. Pihaknya juga mengakui, keberadaan kader bank sampah yang ada di setiap kecamatan akan lebih efektif menjangkau masyarakat ketimbang mengandalkan pegawai DLHK yang jumlahnya hanya beberapa orang.

“Untuk menjangkau semua wilayah yang jumlah RW-nya mencapai 859, kami libatkan beberapa masyarakat atau koordinator bank sampah di masing-masing kecamatan. Mereka dididik dan dilatih agar dapat membantu kami. Mudah-mudahan pesan yang kami berikan dapat sampai ke masyarakat,” harapnya.

Untuk diketahui, penerapan sistem 3-R menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan dari sampah, di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber biogas.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :