posyandu1Posyandu sudah diperkenalkan pada masyarakat dari tahun 1984 sejak dicanangkannya pada sekitar tahun 1986 sampai sekarang. Posyandu selama bertahun-tahun telah memainkan perannya. Namun sejak akhir tahun 90-an posyandu mengalami penurunan fungsi dan kegiatannya. Untuk meningkatkan kegiatan Posyandu diterbitkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor : 411.3/356/SJ pada 3 Maret 1999 tentang Revitalisasi Posyandu. Diperbaharui dengan diterbitkannya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 411.3/1116/SJ pada 13 Juni 2001 tentang pedoman umum Revitalisasi Posyandu.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok menyalurkan pemberian bantuan dana hibah kepada 985 Posyandu yang ada diwilayah 11 Kecamatan Kota Depok, masing-masing Posyandu menerima dana hibah sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) tiap Posyandu. Hadir pada acara penyerahan dana hibah tersebut Ketua TP PKK Kota Depok Dra. Hj. Nur Azizah Tamhid, MA, Ketua Pokjanal Tingkat Kota Depok Ety Suryahati, SE, M.Si, Camat dan perwakilan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok.

Kegiatan ini dimulai dari 25 Maret – 2 April 2013, dana diberikan dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebesar Rp. 985.000.000,- untuk 985 Posyandu yang ada di Kecamatan Sawangan, Bojong sari, Cilodong, Sukmajaya, Cipayung, Pancoran Mas, Cimanggis, Tapos, Cinere, Limo, dan Beji. Pendistribusian dana hibah posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja Posyandu dalam upaya pelayanan kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang terintergrasi dan berkualitas melalui kemitraan dengan kader dalam peningkatan partisipasi masyarakat dan peningkatan akses.

Dalam arahannya, Ibu Dra. Hj. Nur Azizah Tamhid, MA menjelaskan bahwa posyandu merupakan wadah peran serta masyarakat yang bertujuan untuk mengelola kesehatan dasar masyarakat dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan anak. Ketua TP PKK Kota Depok ini juga mengungkapkan tentang pentingnya keikhlasan dalam menjalankan amanah sebagai kader Posyandu. Pelayanan kepada masyarakat harus dilandasi dengan rasa ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan materi.

Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok, Ibu Dra. Hj. Nur Azizah Tamhid, MA kepada salah satu kader Posyandu. Pendistribusian bantuan hibah dalam rangka revitalisasi Posyandu berjalan dengan lancar dan tertib. (Diskominfo/Feny)

Foto Terkait:

posyandu2

Bagikan post melalui :