AIKD Cahyadi

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD), Cahyadi Setiawan. (Foto: Guntur/Diskominfo)

depok.go.id – Upaya Pemerintah Kota dalam mendorong kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Depok semakin terasa oleh masyarakat. Langkah pemerintah tersebut juga mengena hingga ke kalangan pengusaha dan pelaku industri kreatif atas kemajuan perekonomian Depok melalui sektor industri kreatif dan UMKM.

“Dari visi dan misi Pemerintah Kota sudah terlihat, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok sangat mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis industri kreatif dan UMKM,” ujar Sekretaris Jendral (Sekjen) Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD), Cahyadi Setiawan kepada depok.go.id, Rabu (29/03/2017).

Dikatakannya, langkah pemerintah mendorong kemajuan UMKM antara lain melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM). Dengan adanya pelatihan tersebut, para pelaku UMKM diajarkan mengenai cara mengolah dan mengemas sebuah produk. Sehingga berbagai produk UMKM tersebut memiliki nilai jual tinggi.

“Pelatihan untuk pelaku UMKM sangat bermanfaat. Sehingga, mereka mengetahui bagaimana membuat sebuah produk menjadi menarik dan memiliki nilai jual. Selain itu, yang lebih kami apresiasi lagi adalah semua pelatihan tersebut dapat diikuti secara gratis,” tuturnya.

Selain itu, Cahyadi juga menilai positif atas kemudahan perijinan usaha yang diberikan Pemerintah Kota. Dirinya mengaku, mudahnya mengurus perijinan untuk produk UMKM miliknya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Depok juga dinilai sudah memberikan tempat untuk para pelaku UMKM dalam berwirausaha. Salah satunya adalah dengan diresmikannya gerai UMKM yang terletak di Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis.

“UMKM yang ada di Depok ini sangat kreatif. Untuk itu butuh sarana prasarana berupa gerai UMKM untuk mewadahi pelaku usaha di Depok. Tetapi, dengan adanya gerai UMKM yang dibuat secara mandiri serta didorong oleh Pemkot tersebut, diharapkan dapat menjadi rumah bagi produk lokal UMKM yang ada di Kota Depok,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh Pemkot Depok, dapat menjadi pendorong perkembangan industri kreatif dan UMKM, khususnya beragam produk asli Kota Depok.

“Sehingga produk asli Depok bisa berdaya saing dengan produk UMKM yang ada di Kota lain,” pungkasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :