DLHK Kota Depok lakukan aksi tanam pohon di lahan Fasum Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (15/02/18). (Foto : Asyril/Diskominfo)

depok.go.id – Upaya pencegahan pohon tumbang terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Lewat kegiatan perawatan dan pemangkasan pohon secara berkala, DLHK berharap kasus pohon tumbang bisa ditekan sekecil mungkin

“Perawatan terhadap pohon terus kami lakukan, tidak hanya saat cuaca ekstrem. Tetapi, justru saat musim panas seperti ini, kami kebut,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Ety Yuniarti, di Balai Kota, Rabu (30/05/18).

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan terhadap pohon yang rawan tumbang, khususnya di jalan protokol. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, untuk mengetahui pohon yang dinilai kurang baik kondisinya agar juga diketahui oleh masyarakat.

“Kami melakukan analisa dan kajian terhadap pohon-pohon besar yang berada di jalan protokol, setelah itu akan kami beri tanda pada pohon tersebut untuk menjadi perhatian bagi pengguna jalan,” ucapnya.

Dikatakannya, pihaknya tidak bisa langsung menebang pohon yang dinilai kurang baik. Terlebih, pertumbuhan pohon dinilai butuh waktu sangat lama. Untuk itu, solusi yang ditawarkan DLHK adalah dengan melakukan perawatan dan pemantauan.

“Kami juga mengajak masyarakat agar peduli dan tanggap atas kondisi pohon di sekitarnya dan mengimbau untuk melakukan pelaporan pada DLHK Kota Depok apabila terdapat pohon yang rawan tumbang. Tidak lupa kami juga melaksanaan penanaman pohon pada jalur utama dan sekitarnya sebagai upaya regenerasi pohon,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :