depok.go.id – Forum Kota Layak Anak (Fokla) Kota Depok menjadi lini depan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok dalam program Kota Layak Anak (KLA). Dalam menjalankan tugasnya, Fokla intens mendampingi RW Ramah Anak yang sudah terbentuk atau pun yang baru mau dibentuk.

“Bersama DPAPMK kami selalu rutin sosialisasi ke wilayah yang belum ada RW Ramah Anak, maupun pendampingan RW Ramah Anak,” ujar Hartutik, Sekretaris Fokla Kota Depok, Rabu (30/05/2018).

Ditambahkannya, meskipun saat ini Kota Depok sudah miliki 236 RW Ramah Anak. Dari jumlah itu ada saja RW Ramah Anak yang sudah mulai berkurang kegiatan di wilayahnya.

“Kami juga mendampingi mereka dengan mengaktifkan berbagai program di masyarakat, sehingga anak-anak di Depok terfasilitasi bakat dan kemampuannya melalui RW Ramah Anak,” katanya.

Dikatakannya, bagi wilayah yang sama sekali belum ada RW Ramah Anak, biasanya pihaknya akan meminta untuk berkunjung ke RW 06 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, untuk melakukan studi banding terlebih dahulu.

“Kalau sedang sosialisasi dan mereka butuh contoh partisipasi masyarakat terhadap keberadaan RW Ramah Anak, biasa kami sarankan belajar dari RW 06 Tanah Baru. Di sini ada atau tidak ada dana mereka tetap jalan dengan dukungan penuh dari alim ulama, pengurus RT, RW, LPM, PKK, Posyandu, hingga kelurahan mendukung aktivitas positif mereka,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Dunih dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :