depok.go.id – Selama bulan suci Ramadhan, baik Pemerintah Kota Depok maupun Kepolisian Resort (Polres) Kota Depok terus berupaya menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Dalam hal ini, Polres Kota Depok menggandeng sejumlah komunitas motor yang ada di Kota Depok untuk dapat berpartisipasi.

“Kami mengajak 251 klub motor yang tersebar di berbagai wilayah di Depok untuk berperan dalam menciptakan kenyamanan selama bulan puasa,” tutur Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Depok, Kompol Tri Yulianto.

Sinergitas yang dibangun oleh pihak Polres Kota Depok dalam mengajak para komunitas motor tersebut diwujudkan dalam bentuk menyatukan seluruhnya dalam satu organisasi. Adapun perkumpulan tersebut dinamakan Biker Depok Anti Kekerasan (BIDAK).

Dalam pelaksanaannya, tambah Tri, seluruh komunitas tersebut ikut melakukan kegiatan preventif yang diusung pihak Polres Kota Depok. Tindakan yang dilakukan berupa ‘Siaga BIDAK’, yaitu berjaga pada titik kumpul di masing-masing komunitas motor serta di lokasi-lokasi yang dinilai cukup rawan terhadap tindak kejahatan.

“Melalui BIDAK mereka dapat saling berkoordinasi dalam melakukan penjagaan di sejumlah titik, sehingga keamanan dapat terus kondusif,” tambah Perwira Menengah Tingkat Satu tersebut.

Adapun aksi yang akan dilakukan tersebut antara lain mengawasi peredaran atau jual beli Miras, tempat-tempat maksiat atau prostitusi, premanisme, dan pelaku teror. Selain itu juga akan memonitor kenakalan anak-anak dan remaja, seperti trek-trekan dan tawuran, peredaran jual beli petasan, serta para pelaku kriminal yang melakukan pembegalan, pencopetan, dan penjambretan. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :