depok.go.id – Ramadhan dikenal sebagai bulan tarbiyah atau bulan pendidikan. Pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas diri menjadi lebih berkualitas dan berdaya guna.

Bulan Ramadhan juga bisa menjadi sarana utama yang tepat mendidik putra-putri  atau remaja Islam guna menjadi pribadi yang berkualitas. Untuk itu, diperlukan peran penting orangtua agar menjadikan generasi penerus Islam mempunyai kualitas keimanan dan ketakwaan yang luar biasa.

“Para remaja, berhak atas pendidikan terbaik dari orangtuanya guna peningkatan kualitas dirinya dalam segi keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT,” ujar Ketua TP PKK Kota Depok, Nur Azizah Tamhid.

Dalam kaitannya dengan menjadi remaja muslim yang berkualitas di bulan Ramadhan ini, Nur Azizah yang dikenal dengan Bunda PAUD itu memberikan metode pendidikan kepada orangtua dalam mengantarkan anaknya yang sudah menginjak usia remaja menjadi berkualitas.

Metode pendidikan yang dimaksud di antaranya, yaitu pertama dengan mengedepankan keteladanan. Menurutnya, dalam mendidik anak membutuhkan uswah atau keteladanan orangtua pada setiap sisi tanpa kecuali. Ia juga menjelaskan bahwa orangtua harus mampu memberikan teladan agar anak-anaknya menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah.

Cara kedua yang bisa dilakukan orangtua dalam mendidik anaknya menjadi remaja berkualitas, yaitu dengan melakukan pembiasaan. Ketua YKI Depok itu berpendapat bahwa orangtua harus mengupayakan suatu tindakan positif agar terbiasa melakukannya, sehingga terkadang seseorang tidak menyadari apa yang dilakukannya karena sudah menjadi kebiasaan.

Metode pendidikan selanjutnya, Ketua Dekranasda Kota Depok itu menguraikan para orangtua bisa menerapkan dengan memberikan nasehat, melakukan pengawasan, serta memberikan penghargaan dan hukuman.

“Insya Allah apabila kelima metode tadi diterapkan para orangtua dalam mendidik anaknya yang menginjak usia remaja, maka mereka akan tumbuh menjadi remaja berkualitas yang didambakan Islam,” tutupnya. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :