Good GovernanceDalam apel pagi hari ini (30/7/2013), Wakil Walikota Depok KH. DR.Idris Abdul Shomad, MA. selaku Pembina apel menyampaikan beberapa pesan sebagai upaya mencapai good governance di Kota depok.

Prinsip-prinsip good governance hendaknya ditegakkan dalam seluruh Institusi Pemerintah, yang meliputi: Partisipasi Masyarakat, Tegaknya Supremasi Hukum, Transparasi, Responsif, Berorientasi  pada Konsensus, Kesetaraan, Efektif dan Efisien, Akuntabel, dan Memiliki Visi Strategis.

Beliau menyampaikan  bahwa Good Governance harus diimbangi dengan Idealisme Normatif yang terdiri dari 3 pilar yaitu Idealisme Ideologis, Idealisme Yuridis dan Idealisme Moralitas. Idealisme Yuridis pada prinsipnya sudah tertuang dengan jelas dalam Pancasila, idealism ini dapat mendorong terwujudnya reformasi birokrasi  secara menyeluruh, terintegrasi dan seimbang. Sedangkan Idealisme Moralitas dapat mensejahterakan dan menegakan keadilan.

“Nilai-nilai relijius, humanitas, rasa keadilan, rasa kebersamaan dan demokratis  adalah nilai-nilai yang merupakan satu kesatuan dan harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari”, demikian ungkap Kyai yang merupakan salah seorang pendiri Ikatan Da’I Indonesia (IKADI) ini.

Sebagai penutup, beliau menegaskan bahwa kendati idealisme normatif terkesan sangat kaku dan tidak realistis, menjadi tugas bersama untuk menjadikan idealisme tersebut realistis.

(Diskominfo)

Bagikan post melalui :