pamerandepicta

Salah satu peserta pameran Depicta 2016. (Foto: Rysko/Diskominfo)

depok.go.id – Depok ICT Award (Depicta) menjadi sarana unjuk karya Teknologi Informasi dari para pelaku Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kota Depok. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 30 Agustus hingga 31 Agustus 2016 merupakan hasil kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok dengan Universitas Gunadarma.

Menurut Sekretaris Diskominfo Kota Depok, Adhy Parayudha Peserta pameran DEPICTA menghadirkan beragam aplikasi dan animasi. “Pameran ini menjadi salah satu ajang untuk mengenalkan hasil karya mereka kepada masyarakat luas,” ujar Sekretaris Diskominfo Kota Depok, Adhy Parayudha.

Adhy menjelaskan, bahwa peserta pameran berasal dari komunitas Pelajar dan Perguruan Tinggi di Kota Depok. Dan merupakan salah satu bentuk apresiasi Pemkot terhadap kredibiltas mereka di bidang TIK.

 “Pameran ini juga diharapkan dapat merangsang ide-ide kreatif lain dari mereka, karena dengan pameran ini peserta dapat saling berkomunikasi dan bertukar ilmu dengan peserta lain, sehingga dapat menghasilkan gagasan kreatif baru,” jelasnya.

Sementara itu, Fikri Maulana, pembimbing ektra kurikuler teknik komputer jaringan (TKJ) SMK Nasional yang menjadi salah satu peserta pameran mengatakan turut mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Fikri ini menjadi salah satu rangsangan kepada siswa untuk bisa lebih kreatif menciptakan karya di bidang IT.

 “Kalau bisa diadakannya lebih sering, karena selain sebagai wadah untuk menunjukan karya kami, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi,” jelasnya.

 SMK Nasional sendiri memamerkan tiga buah karya, yaitu Jibas atau mesin absensi untuk siswa, PC aquarium yaitu PC berisi air yang berfungsi mengurangi panas dan menghalangi debu masuk. Yang ketiga adalah aplikasi pemilihan online.

 “Di sekolah kami, tiap ada pemilihan ketua OSIS menggunakan aplikasi ini untuk mengumpulkan suara, jadi tidak menggunakan kertas lagi sudah berbasis online,” ujarnya.

Penulis: Rysko

Editor: Siti Rahma dan Yulia Shoim

Bagikan post melalui :