pakta integritas

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyaksikan penandatanganan pakta integritas di Aula lantai 5 Balaikota Depok, Selasa (30/8/2016). (Foto : Indri/Diskominfo)

depok.go.id – Sebanyak 23 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok dan Camat melakukan penandatanganan pakta integritas. Hal tersebut dilakukan guna menghindari tindakan yang menyimpang bagi para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Depok. Sehingga tidak merugikan masyarakat maupun Dinas terkait.

 “Ini merupakan sebuah simbol yang wajib untuk dipatuhi bersama dalam mengemban amanat tugas kenegaraan, namun hakekatnya kembali ke diri masing-masing,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang turut menyaksikan penandatanganan pakta integritas di Aula lantai 5 Balaikota Depok, Selasa (30/8/2016).

Pakta integritas kali ini terdapat tujuh komponen yang harus dilakukan para Kepala OPD dan Camat. Pertama, berperan serta secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Kedua, tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketiga, bersikap transparan, jujur, obyektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas.

Selanjutnya, yaitu menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas. Kelima, memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada karyawan yang berada di bawah pengawasan dan sesama pegawai di lingkungan kerja secara konsisten. Keenam, akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di Pemkot Depok serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkan. Terakhir, bila melakukan pelanggaran terhadap hal yang sudah disebutkan, maka siap menghadapi konsekuensi.

Lebih jauh, Pemimpin Kota Belimbing berpesan kepada seluruh Kepala OPD dan Camat untuk melakukan apa yang sudah ditetapkan dalam pakta integritas, sehingga seluruh kegiatan yang dilakukan tidak merugikan semua pihak termasuk masyarakat.

 “Mari kita realisasikan bersama agar dapat menjalankan tugas dengan baik untuk masyarakat,” tutup Wali Kota .

Penulis: Indri

Editor: Siti Rahma dan Yulia Shoim

Bagikan post melalui :