Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat dari Sub Direktorat Penyehatan Udara Tanah dan Kawasan, Direktorat Kesehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, Ze Eza Yulia Pearlovie. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengikuti penilaian Kabupaten/Kota Sehat atau Swasti Saba yang digelar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) tahun 2019. Penilaian tersebut diikuti oleh 202 Kabupaten/Kota Sehat dari 29 Provinsi se-Indonesia.

Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat dari Sub Direktorat Penyehatan Udara Tanah dan Kawasan, Direktorat Kesehatan Lingkungan, Kemenkes RI, Ze Eza Yulia Pearlovie mengatakan, verifikasi yang dilaksanakan selama dua hari, dari 30-31 Agustus 2019 ini dilaksanakan dalam dua tahap, turun langsung ke lokasi khusus (lokus) dan bedah dokumen. Tahapan tersebut, ucapnya, tujuan utama bukan untuk memilih juara atau yang terbaik.

“Jadi dalam penilain ini merupakan verifikasi atas kinerja perangkat daerah sebagai Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat ke masyarakat forum yang telah dibentuk,” jelas Eza usai menilai salah satu lokus penilaian, SDIT Rahmaniyah, Sukmajaya, Jumat (30/08/2019).

Dikatakannya, dalam mewujudkan Kota Sehat, peran Forum Kota Depok Sehat (FKDS) juga dinilai penting untuk bekerja dengan masyarakat dan didukung sektor terkait. Dengan begitu, tujuan akhir penyelenggaraan Kota Sehat dapat diraih oleh daerah.

“Tujuan Kota Sehat yang penting adanya hubungan kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat untuk pembangunan daerah. Karena tujuan kami tidak hanya sekedar melihat lokus. Kami akan langsung memberi masukan dan saling berbagi untuk perbaikan,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Forum Kota Depok Sehat (FKDS), Elly Farida menuturkan, untuk mewujudkan Kota Sehat membutuhkan tanggung jawab semua elemen di Kota Depok. Karena itu pula apa yang sudah diraih Depok untuk Kota Sehat, berkat kerja sama dari semua pihak.

“Kita harap tahun ini bisa naik dengan meraih Swasti Saba Wistara. Hal itu menjadi dorongan dan semangat kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Semua ini demi Depok menjadi Kota Sehat,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :