penyuluhandepok.go.id – Pemakaian Narkoba yang berlangsung lama dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk. Hal tersebut tidak saja menyebabkan ketergantungan bahkan juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serta kelainan fisik maupun psikis dan berpengaruh pula pada lingkungan sosial.

“Pengguna Narkoba akan terganggu kesehatannya sudah pasti, namun di samping itu ada dampak yang juga sangat merugikan bagi pengguna maupun pecandu Narkoba, yaitu akan berdampak ke lingkungan sosialnya,” ujar Slamet, Rabu (30/09/2015) di aula lantai 1 Balai Kota Depok.

Slamet yang juga berprofesi sebagai psikolog pada rehabilitasi pengguna Narkoba yang berada di Lido itu mengatakan, dampak sosial yang dapat terjadi di antaranya pengguna Narkoba umumnya akan sangat merepotkan dan menjadi beban keluarga. Bahkan yang sudah sampai tahap adiktif. Slamet mengungkapkan, seseorang yang sudah kecanduan Narkoba tidak segan untuk menjual barang-barang yang ada di rumahnya sendiri hanya untuk membeli barang haram tersebut.

Selain dampak di keluarga, penggunaan Narkoba akan memicu suatu tindakan asosial dan antisosial maupun amoral. Tindakan-tindakan negatif tersebut akan berujung pada pengucilan oleh lingkungan.

“Pengguna Narkoba ini dapat menimbulkan gangguan terhadap hubungan dan pergaulan sosial yang ujung-ujungnya akan dikucilkan lingkungan sekitarnya,” tandas Slamet.

Slamet menerangkan bahaya Narkoba di hadapan pelajar yang berasal dari beberapa sekolah se-Kota Depok itu bahwa Narkoba juga akan menurunkan semangat belajar. Apabila sudah tidak ada semangat untuk belajar atau bersekolah dapat menyebabkan putus sekolah.

“Kasihan orangtua kalian, sudah banyak berharap pada kalian sebagai anaknya agar menjadi sukses tetapi karena Narkoba justru akan memudarkan mimpi mereka. Untuk itu, jangan sampai kalian coba-coba untuk menggunakan Narkoba,” tegas Slamet. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :