Mengetahui 3 Jenis Pencegahan Penyalahgunaan Narkobadepok.go.id – Hal termudah untuk menghilangkan kebiasaan menggunakan Narkoba adalah dengan tidak mulai mengonsumsinya sama sekali. Jika mengonsumsi Narkoba sudah mulai menjadi keharusan, maka pengguna tersebut akan terus mengonsumsi selama hidupnya dan sulit untuk menghentikannya.

Demikian dikatakan Dikdik, salah satu pemateri dalam penyuluhan Narkoba untuk pelajar yang diadakan di aula lantai 1 Balai Kota Depok, Rabu (30/09/2015). Dikdik menjelaskan apabila seseorang sudah mulai mengenal Narkoba, maka orang tersebut akan terus bergantung pada obat haram itu.

“Hati-hati kepada adik-adik pelajar jangan sampai coba-coba Narkoba, karena apabila sudah mencoba sekali kemudian ketagihan akan sangat sulit untuk menghentikannya kembali,” tegas Dikdik.

Penyuluh yang berasal dari BNN Pusat itu menguraikan jenis pencegahan yang bisa dilakukan, di antaranya dengan pencegahan primer. Dalam pencegahan ini, Dikdik menguraikan bahwa yang menjadi sasaran ialah individu atau komunitas sehat agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan atau ketergantungan Narkoba.

Dikdik melanjutkan, pencegahan kedua yang dapat dilakukan ialah pencegahan sekunder. Pada tahap ini pencegahan ditujukkan kepada kelompok atau komunitas yang rawan terhadap penyalahgunaan Narkoba, misalnya bertempat tinggal di daerah kumuh, atau bekerja di tempat hiburan.

“Tujuan diadakan pencegahan di kelompok ini ialah untuk memperkuat pertahanan diri dari rayuan, bujukan, atau paksaan pihak lain atau dorongan dan keinginan dari dalam diri sendiri untuk mencoba Narkoba,” ujarnya.

Dikdik menuturkan, pada pencegahan terakhir, yaitu pencegahan tersier di mana pada pencegahan ini ditujukan kepada mereka yang sudah pernah menjadi pecandu Narkoba dan telah mengikuti program terapi rehabilitasi.

“Bagi yang pernah menggunakan Narkoba, bisa dicegah pula. Artinya pencegahannya ini supaya tidak kembali terjerumus dalam lembah hitam kembali atau tidak akan kambuh lagi,” pungkas Dikdik. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :