depok.go.id – Banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang tingkat kesehatannya masih kurang, membuat Dinas Kesehatan Kota Depok akan rutin menggelar tes kebugaran. Hal tersebut dilakukan sebagai monitoring untuk mengetahui tingkat kesehatan ASN secara berkala.

“Agustus lalu kami telah melakukan tes dan sudah didapat hasilnya, untuk mengetahui perubahan-perubahan kesehatan di masing-masing aparatur, kami akan rutin melakukan tes kesehatan kembali” tutur Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, Zakiyah saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/09/2015).

Dalam hal ini, tes kebugaran akan dilakukan setiap tiga bulan sekali, tujuannya untuk melakukan evaluasi pencapaian tingkat kebugaran yang selanjutnya dilakukan perbandingan.

Zakiyah menambahkan, Dinkes sebelumnya telah melakukan tes kesehatan, yaitu ergocycle. Tes tersebut meliputi pemeriksaan tensi darah, nadi, berat badan dan tinggi badan, laboratorium (gula, kolesterol, asam urat), EKG, serta persentase kadar lemak dalam tubuh.

Akan tetapi, pada monitoring selanjutnya akan dilakukan tes rockport. Tes tersebut dilakukan dengan berlari dan kemudian menghitung denyut nadinya.

“Tes yang akan kita lakukan secara rutin ini tidak menggunakan alat bantu, hanya dengan berlari saja,” tambah Zakiyah.

Terakhir, dirinya berharap dengan akan digelarnya tes kesehatan secara rutin tersebut, tingkat kebugaran para ASN dapat terpantau dengan baik, sehingga dalam mengerjakan tugasnya sehari-hari dapat fokus dan tidak terganggu dengan kendala kesehatan. (Indri/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :