Kabid PAUD dan Dikmas Disdik Depok, Satibi.(Foto : Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok ingin lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-kanak (TK) untuk menerapkan modul Kurikulum 2013 (kurtilas). Pasalnya, pola pendidikan dalam modul kurtilas dinilai sesuai dengan pengembangan karakter anak.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Disdik Depok, Satibi mengatakan, pendekatan pendidikan anak PAUD bukan pada kemampuan baca, tulis, dan menghitung (calistung). Namun, menurutnya, lebih banyak mendengarkan dan bergerak.

“Keunggulan dari pendidikan Kurtilas arahnya pada pengembangan karakter, dengan metode yang mengasah motorik anak atau keterampilan. Termasuk penanaman nilai-nilai agama juga dengan berbagai alat edukatif,” katanya Satibi di ruang kerjanya, Senin (30/09/2019).

Dia menuturkan, kurtilas juga mendukung PAUD Holistik dan Integrasi (HI). Dikatakannya, pengembangan PAUD HI bukan sekadar berbicara meningkatkan mutu pendidikan saja. Karena juga mewujudkan tenaga kependidikan yang memiliki pemahaman terkait layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan.

“Dengan pendidikan terintegrasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas anak-anak di masa mendatang,” pungkasnya.

 

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :