depok.go.id-Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok diimbau untuk mengenakan batik saat peringatan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2019. Hal ini dimaksudkan untuk melestarikan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia sesuai pengakuan UNESCO pada 2 Oktober 2009.

“Jadi, di hari batik nanti kita meminta kepada seluruh ASN untuk mengenakan batik nasional,” tutur Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono kepada depok.go.id, usai memimpin apel pagi di Lapangan Balai Kota Depok, Senin (30/09/2019).

Dikatakannya, imbauan mengenakan batik nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam melestarikan batik. Serta sebagai upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

“Dengan mengenakan batik di hari batik, kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk melestarikan batik dan sebagai upaya perlindungan dan pengembangan  batik Indonesia,” ujarnya.

Dirinya menambahkan,  Pemkot Depok juga terus berupaya melestarikan batik tulis Depok. Saat ini terdapat 26 motif batik yang telah dipatenkan.

“Sekarang kita punya beberapa motif batik Depok. Seperti gong si bolong, ikan hias (manfish), Tugu Sawangan, belimbing, rebut dandang, dan sejarah Depok,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :