Staf Ahli Wali Kota Depok, Bidang Ekonomi dan Pembangunan Eka Bachtiar saat membuka pameran Depok Expo 2018 di Detos, Jumat (30/11). (Foto: Asyril/Diskominfo)

depok.go.id- Lewat pameran Depok Expo yang diadakan setiap tahun oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) diharapkan tidak hanya dijadikan sebagai sarana promosi saja. Tetapi juga dapat menjadi sarana pemasaran yang efektif bagi produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok, baik dari pelaku UMKM yang sudah ada hingga yang baru memulai usahanya.

“Depok Expo ini merupakan salah satu sarana yang sangat baik dalam memperkenalkan serta memasarkan produk unggulan pelaku UMKM Depok kepada masyarakat,” tutur Staf Ahli Wali Kota Depok Bidang Ekonomi dan Pembangunan Eka Bachtiar kepada depok.go.id usai membuka pameran tersebut di Depok Town Square (Detos), Jumat (30/11).

Lebih lanjut, ucapnya, Depok Expo juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap perkembangan produk pelaku UMKM. Dengan begitu, dapat memotivasi pemerintah untuk terus berupaya meningkatkan kualitas UMKM agar memiliki daya saing, dan mampu bertahan dalam berbagai kondisi perekonomian.

“Bagi para peserta pameran, event ini dapat menjadi jembatan untuk memberi informasi terkait produk UMKM kepada masyarakat, sehingga semakin dikenal tidak hanya di Kota Depok,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala DKUM Kota Depok Mohammad Fitriawan mengatakan, Depok Expo 2018 melibatkan 60 pelaku UMKM dari berbagai bidang. Mulai dari kuliner, fashion, hingga kerajinan (craft).

“Produk-produk yang dipamerkan merupakan produk unggulan dari pelaku wirausaha baru yg telah mendapatkan pelatihan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok maupun komunitas UMKM di tahun ini,” jelasnya.

Fitriawan menambahkan, selain menampilkan berbagai produk unggulan UMKM, pada pameran tersebut juga akan diadakan talkshow seputar bisnis. Acara tersebut akan membahas terkait dunia bisnis, pemasaran online, dan lain sebagainya yang dapat menambah wawasan bisnis pelaku usaha mikro di Depok.

“Agar semakin meriah pameran, kami juga akan mengadakan pentas seni dan fashion show. Selain itu, juga akan digelar berbagai lomba diantaranya lomba mewarnai antar Taman Kanak-kanak (TK), lomba senam kreasi, lomba qasidah majelis taklim antar kecamatan, dan lomba band antar SMA/SMK sederajat,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor : Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :