forki2

Pertandingan Festival Karate Forki Depok. (Foto : Janet/ Diskominfo)

depok.go.id-  Pembinaan atlet yang dilakukan Pengurus Cabang (Pengcab) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Depok disambut baik oleh KONI Kota Depok. Sebab, banyaknya kegiatan dari Forki akan memunculkan atlet andalan di masa depan.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Koni Kota Depok, Deni Suprayogi mengatakan, untuk menciptakan atlet harus melalui pembinaan yang terstruktur dengan baik. Pembinaan yang terstruktur yaitu dari pencarian bibit sejak dini lewat berbagai kompetisi yang digelar.

“Para pemula harus memiliki wadahi, agar mereka bisa dibina menjadi atlet generasi selanjutnya. Sebab, jika ada pertandingan motivasinya akan terjaga bahwa ada tujuan yang akan diraih, jadi bukan hanya berlatih saja,” ujarnya kepada depok.go.id, Sabtu (30/12/2017).

Dikatakannya, sebagai cabang olahraga di bawah KONI Kota Depok, Pengcab Forki memang harus bisa mewadahi seluruh masyarakat dalam bidang olahraga prestasi. Karena KONI sendiri memang fokus pada olahraga berprestasi.

“Banyaknya event akan menjaga semangat, melatih keberanian mental mereka dan juga etika bertanding. Terlebih Forki merupakan cabor andalan peraih medali di event- event besar,” jelasnya.

Menurut Deni, selain pembibitan atlet, pembinaan juga dilakukan dengan pemberdayaan atlet yang ada. Yaitu dengan pembinaan atlet menjadi wasit pertandingan, penyelengaraan pertandingan. Hingga kedepan atlet yang pensiun akan tetap berkontribusi dalam dunia olahraga.

“Wasit juga memiliki jenjang karier, jika ditekuni akan banyak wasit yang profesional. Jadi pembinaan yang baik adalah saling berkesinambungan, Semua saling mendukung semua aspek harus dikembangkan,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya berharap seluruh cabor dapat menjalankan pembinaan serupa. Demi prestasi Kota Depok yang semakin baik lagi.

Sementara itu, Sekretaris Umum Forki Kota Depok, Waller Siahaan menuturkan, pihaknya punya tiga agenda besar untuk ajang berjenjang. Mulai dari level pemula sebagai upaya untuk penjaringan potensi baru.

“Sekaligus pembelajaran untuk wasit pemula. Kita ingin terapkan di kepengurusan Forki Depok bahwa harus ada pembinaan yang baik kemajuan karate di Kota Depok,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika

Editor : Retno Yuliati

Diskominfo

Bagikan post melalui :