Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Asloe’ah Madjri. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegipti. Ada sejumlah gejala yang harus diwaspadai oleh masyarakat Kota Depok. Seperti muncul demam tinggi, mual, disertai muntah. Apabila sudah timbul gejala tersebut warga Depok diminta untuk segera ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Asloe’ah Madjri mengatakan, jika masyarakat mengalami tanda awal tersebut, hendaknya segera ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Ambil darah yang lengkap seperti trombosit atau hematrokit.

“Tanda-tanda awal seperti flu saja. Namun, kalau sudah sampai demam tinggi harus diwaspadai dan sebisa mungkin di cek darah,” tegas Luluk, sapaannya, kepada depok.go.id, di aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Kamis (31/01/19).

Dikatakannya, penanganan DBD ini pada dasarnya butuh cairan yang cukup intensif. Jika ada pasien DBD yang masuk RSUD Depok akan langsung diberi cairan berupa infus.

Selain itu, sambung Luluk, masyarakat juga harus mewaspadai fase kritis pasien DBD di hari ke tiga, empat, dan lima yaitu demam tinggi. Apabila tidak ditangani dengan benar maka bisa terjadi Dengue Shock Syndrome (DSS).

“Itulah mengapa sebisa mungkin pasien DBD ditangani secara intens di rumah sakit. Kalau ingin dirawat di rumah, keluarga pasien harus paham mengenai asupan cairan, karena kalau tidak paham kondisinya akan jadi parah dan bisa masuk ICU,” pungkasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :