Waki Wali Kota Depok, Pradi Supriatna saat mengenakan salah satu batik khas Depok di acara Penyerahan Sertifikat Halal di aula Serbaguna, lantai 10, gedung Dibaleka II, Kamis (31/01/19). (Foto: Bima/Diskominfo).

depok.go.id-Ada yang menarik saat acara penyerahan sertifikat halal dari Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jawa Barat (Jabar) kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) Depok. Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, tampak kompak mengenakan seragam batik bermotif belimbing khas Depok.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna dengan bangga menunjukkan batik bermotif belimbing dewa yang dikenakannya kepada para pejabat Pemprov Jabar dan masyarakat yang hadir. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu upaya mencintai kebudayaan sendiri sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal.

“Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengenalkan batik khas Depok. Saat ini terdapat 26 motif batik Depok yang telah dipatenkan sejak tahun 2017,” tutur Pradi Supriatna kepada depok.go.id, di Gedung Dibaleka II, Kamis (31/01/19).

Selain Pradi, terdapat sejumlah pejabat dari Disdagin yang juga mengenakan batik dengan motif yang sama. Di antaranya Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Kania Parwanti dan Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz.

Sementara itu, Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti menuturkan, 26 motif batik tersebut di antaranya, batik gong si bolong, batik manfish, batik Tugu Sawangan, batik belimbing, dan batik sejarah Depok. Agar batik Depok semakin dikenal luas, pihaknya juga akan terus menyosialisasikan dalam berbagai kegiatan dan variasi bentuk seperti tas dan seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok.

“Bagi masyarakat yang berminat membeli batik khas Kota Depok, dapat langsung mendatangi gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok di Balai Kota Depok,” tutupnya.

Penulis : Jose Marques
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :