LOmba 3 R

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok punya cara unik untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok ke-18. Lewat lomba 3R (reduce, reuse, recycle) warga Depok. (Foto : Rysko/Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok punya cara unik untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok ke-18. Lewat lomba 3R (reduce, reuse, recycle) warga Depok diingatkan untuk memilah sampahnya sendiri, sehingga beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung terus berkurang.

“Pesertanya adalah pengelola bank sampah yang ada di Kota Depok, total ada 10 peserta yang ikut serta,” ujar Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok, Kusumo, saat ditemui di tempat kegiatan lomba, Jumat (31/03/2017).

Dirinya menjelaskan, pemilihan lomba ini merupakan salah satu cara Pemkot Depok untuk memotivasi seluruh bank sampah agar lebih meningkatkan lagi konsistensinya. Dengan keterlibatan pengelola bank sampah dalam proses pemilahan sampah, diharapkan dapat berdampak terhadap penurunan volume sampah yang masuk ke TPA Cipayung.

“Keberadaan mereka adalah salah satu pendukung terciptanya Depok bebas sampah,” jelasnya.

Kusumo menambahkan, lomba ini dilaksanakan secara tiga tahap, yang pertama adalah tahap pendaftaran administrasi, kemudian tahap presentasi dan yang ketiga adalah tahap peninjauan ke lapangan oleh panitia. Nantinya akan dipilih tiga besar dan akan diumumkan saat HUT Kota Depok nanti.

“Sekarang ini mereka presentasi, baik profil dan juga hasil kerajinannya. Selanjutnya Kita juga akan tinjau ke lapangan, melihat kondisi bank sampahnya dan juga kegiatan yang dijalankan,” ucapnya.

Sementara poin yang menjadi penilaian pihaknya antara lain, administrasi baik SK lurah, camat, atau RW. Lalu dilihat juga kepengurusan bank sampah, jumlah anggotanya, volume sampah yang berhasil dihimpun, aktivitas dan sistem pelaporan yang dimiliki. Upaya membuat sampah jadi kerajinan dan penjualan produk juga tak luput dari penilaian pihaknya.

“Dari yang saya lihat produknya sudah bagus dan manajemennya juga sudah lumayan bagus, hanya tinggal diberi motivasi dan pembinaan saja agar mereka lebih percaya diri,” tutupnya.

Penulis: Rysko
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :