Suasana buka puasa bersama sekaligus koordinasi bersamaa warga Tanah Baru dalam mengantisipasi rumah yang ditinggal mudik Lebaran. ( Foto: Janet/ Diskominfo)

depok.go.id-Lurah Tanah Baru, Zakky Fauzan, akan mendata warganya yang mudik pada Lebaran 2019. Pendataan tersebut akan melibatkan para pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang ada di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji.

“Warga Tanah Baru yang nantinya akan mudik harus melapor ke RT/RW setempat untuk didata,” ujarnya kepada depok.go.id baru-baru ini.

Dikatakannya, pendataan warga yang mudik adalah langkah antisipasi untuk mencegah aksi pencurian rumah kosong. Dengan begitu, rumah tersebut bisa dipantau RT-RW dan tetangga, sehingga warga yang mudik merasa tenang meninggalkan rumah.

“RT dan RW akan mendata waktu keberangkatan dan kepulangan warga yang mudik,  lengkap dengan alamat serta kontak yang bisa dihubungi. Sehingga jika ada masalah bisa segera dihubungi,” katanya.

Dirinya menambahkan, dengan data itu pula warga yang tidak mudik dapat turut memantau. Menurutnya, potensi kejahatan hingga musibah kebakaran juga bisa diantisipasi dengan kewaspadaan dini tersebut.

“Jadi, upaya ini pula atas kerja sama masyarakat. Bersama kelurahan untuk menjaga suasana aman sampai warga yang mudik kembali ke rumahnya masing-masing,” ucapnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :